Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Diposting pada

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas sampai tuntas informasi terkait Proses Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Pandeglang 2019, Cara Melihat Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019, Melihat Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Pandeglang 2019 melalui Akun SSCN, Hasil Verifikasi Berkas Administrasi CPNS Pandeglang, Daftar Peserta Lulus Seleksi BerkasAdministrasi CPNS Pandeglang, dan masih banyak infomasi lainnya. Jadi pastikan kalian menyimak artikel ini sampai selesai, supaya kalian tidak ketinggalan informasinya.

Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019 merupakan salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh para peserta CPNS Pandeglang. Karena semakin cepat mendapatkan infomasi mengenai hasil seleksi berkas administrasinya, maka semakin banyak pula waktu yang dapat digunakan untuk mengatur strategi dalam mengikuti Seleksi Komptensi Dasar(SKD) CPNS Kabupaten Pandeglang tahun 2019.

Proses Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Secara umum proses seleksi CPNS Kabupaten Pandeglang sama dengan instansi dan daerah lainnya. Adapun proses atau tahapan seleksi CPNS Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2019 adalah sebagai berikut:

  1. Pengumuman Jadwal, Persyaratan Administrasi dan Formasi Penerimaan CPNS Kabupaten Pandeglang 2019;
  2. Pendaftaran Online dan Upload berkas melalui situs SSCN;
  3. Verifikasi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019;
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019;
  5. Cetak Nomor Ujian Secara Online;
  6. Masa Sanggah;
  7. Hasil Sanggah;
  8. Pengumuman Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD ) CPNS Kabupaten Pandeglang 2019;
  9. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan sistem CAT;
  10. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Peserta yang mengikuti Seleksi Kempotensi Bidang (SKB) CPNS Kabupaten Pandeglang 2019;
  11. Pengumuman Jadwal dan lokasi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB);
  12. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan menggunakan Sistem CAT
  13. Integrasi Nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kabupaten Pandeglang 2019 dengan BKN
  14. Pengumuman kelulusan akhir secara online
  15. Pemberkasan bagi perserta yang dinyatakan lulus pada Pengumuman Kelulusan Akhir CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Nah itu adalah serangkaian proses seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Pandeglang Tahun 2019. Pastikan kalian selalu mendapatkan informasi yang up-to-date mengenai hal itu, supaya kalian dapat meminimalisir resiko kalian gagal pada saat mengikuti Tes Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2019

Cara Melihat Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Untuk mendapatkan informasi mengenai hasil seleksi berkas administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang tahun anggaran 2019, kalian bisa melihat pengumuman resminya di web pemerintahan/ BKD/ BKPSDM Kabupaten Pandeglang serta melalui akun SSCN yang kalian gunakan untuk mendaftar CPNS 2019.

Selain itu, jika kalian ingin mendapatkan informasi yang cepat, kalian bisa mengecek langsung informasinya di mading kantor kepegawaian (BKD/BKPSD) Kabupaten Pandeglang. Karena informasi yang ada di mading kantor kepengawaiannya terkadang lebih cepat di update daripada informasi yang ada di website. Berikut ini adalah alamat website pemerintahan dan BKD/BKPP/BKPSDM Kabupaten Pandeglang yang dapat kalian akses:

  1. http://pandeglangkab.go.id/
  2. http://bkd.pandeglangkab.go.id/

Semua informasi mengenai proses dan tahapan Seleksi Penerimaan CPNS Kabupaten Pandeglang Tahun 2019, akan diumuman melalui situs di atas tadi. Pastikan kalian selalu memantau wesbsite tersebut atau situs informasiin.com supaya kalian selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai proses Seleksi CPNS Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2019.

Cara Melihat Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019 melalui Akun SSCN

Pengumuman resmi Hasil Seleksi CPNS Kabupaten Pandeglang biasanya diumumkan melalui situs resmi Pemerintah dan BKD/BKPSDM Kabupaten Pandeglang. Namun selain disitu, kalian juga dapat melihat langsung pengumuman Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS melalui akun SSCN kalian masing-masing. Adapun caranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Buka situs https://sscn.bkn.go.id/
  2. Kemudian Login dengan menggunakan data akun SSCN kalian.
  3. Lalu pilih menu Riwayat. Setelah itu akan muncul mengenai informasi hasil seleksi berkas administrasi kalian. biasanya lulus administrasi atau tidak (jika sudah diumumkan).

Pengumuman Hasil Verifikasi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Hasil seleksi berkas administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang Tahun Anggaran 2019 akan diumumkan mulai 12 Desember tahun ini. Namun untuk tanggal pastinya masih belum ada informasi, tergantung dari kesiapan dari pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Jadi, Jangan lupa pantau terus website pemerintah/BKPSDM Pandeglang dan situs ini supaya kalian tidak ketinggalan informasi mengenai pengumuman seleksi administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019. Karena disitus ini akan selalu diupdate artikel-artikel seputar informasi-informasi yang ada di seluruh Kabupaten yang ada di Indonesia.

Daftar Peserta Lulus Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Kalian dapat melihat data keseluruhan atau Jumlah peserta yang lulus seleksi Administrasi CPNS Pandeglang 2019 melalui situs resmi BKSDM Pandeglang. Namun jika kalian hanya ingin melihat hasil punya kalian saja. Kalian bisa melihatnya melalui akun SSCN Kalian.

Jadwal dan Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Untuk jadwal dan lokasi Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Pandeglang, biasanya dimumkan bersamaan dengan pengumuman Hasil Seleksi Berkas Administrasinya. Semua peserta seleksi CPNS Kabupaten Pandeglang Tahun 2019 dapat melihat jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) masing-masing.

Untuk jadwal Pelakasanaan SKD biasanya dibagi atau di kelompokkan kedalam beberapa sesi dan biasanya dilaksanakan dalam beberapa hari. Peserta yang tidak mengikuti Tes sesuai dengan jadwal dan sesi yang telah ditentukan maka tidak boleh mengikuti tes di sesi yang lain.

Jadi pastikan kalian melihat dan mengingat jadwal sesi Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) kalian dengan sebaik mungkin. Selain itu usahakan data lebih awal satu jam sebelum jadwal Tes SKD dimulai.

Pastikan semua persyaratan untuk mengikuti Tes SKD telah sesuai seperti yang telah di tentukan oleh panitia seperti Dresscode dan lain-lainnya.

Baca Juga: Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Lebak 2019

Materi Tes Seleksi Komptensi Dasar CPNS Pandeglang 2019

Berdasarkan Peraturan Menteri PAN-RB No. 23 Tahun 2019, kisi-kisi materi yang diujikan pada saat SKD meliputi sebagai berikut:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  2. Tes Intelengensia Umum (TIU)
  3. Tes Karkateristik Pribadi (TKP)

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Diantara ketiga materi yang diujikan dalam Tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), Menurut kami TWK adalah materi yang paling gampang dikerjakan dibandingkan dengan lainnya. Mengapa kami bilang materi ini paling gampang dikerjakan?. Pada soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) kamu dituntut untuk lebih banyak membaca materi seputar TWK agar mudah pada saat tes SKD. Jika kamu tidak mengetahui atau ragu tentang jawabannya, maka pilihlah jawaban yang kira2 menurut kamu paling benar. Mengapa? Karena pada soal ini lebih mengutamakan ingatan kamu dibandingkan analisis kamu. Usahakan agar tidak menghabiskan banyak waktu pada saat mengerjakan soal ini.

Yang harus kamu lakukan agar mudah dalam mengerjakan soal-soal TWK adalah dengan cara sering-sering membaca seputar informasi terkait Nasionalisme,Integritas,Bela Negara,Pilar Negara, dan Bahasa Indonesia. Pastikan kamu mengerjakan soal ini secepat mungkin yang kamu bisa agar kamu memiliki waktu yang banyak untuk mengerjakan soal TIU dan TKP.

Soal Tes Wawasan Kebangsaan bertujuan untuk menguji dan melihat sejauh mana penguasaan pengetahuan dan kemampuan para peserta dalam mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi:

  1. Nasionalisme;
  2. Integritas;
  3. Bela Negara;
  4. Pilar Negara;
  5. Bahasa Indonesia.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Soal Tes Intelengensia Umum (TIU) dimulai dari nomor 36 sampai 65. Pastikan kalian memiliki cukup banyak sisa waktu ketika mengerjakan soal pada bagian ini. Karena Pada Soal Tes Intelegensia Umum (TIU) akan banyak menguras tenaga dan pikiran kalian. Pada bagian ini kalian akan dituntut lebih banyak berpikir,teliti, jeli dan tentunya banyak menghitung.

Salah satu tips & trik mengerjakan soal bagian ini adalah dengan cara tidak terlalu berlama-lama pada satu soal. Jika kalian mengalami kesulitan ketika mengerjakan salah satu soal pada bagian ini. Kalian harus langsung cepat-cepat berpindah ke soal lain yang lebih mudah.

Karena Soal Tes Intelegensia Umum ini adalah bagian yang paling sulit dibandingkan dua bagian soal lainnya. Pastikan kalian mengerjakan Soal bagian ini di sepertiga akhir waktu yang kalian miliki. Kerjakan dulu bagian yang paling mudah, sehingga kalian mempunyai banyak sisa waktu untuk mengerjakan bagian yang paling susah.

Tes Intelejensi Umum (TIU) bertujuan untuk menguji dan melihat sejauh mana kemampuan dari para peserta ujian cpns dalam analisa numerik, verbal serta berpikir logis dan analitis . Soal Tes Intelengensia Umum sendiri terdiri dari tiga bagian tes yaitu:

Kemampuan Verbal, yang meliputi :

  1. Analogi, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam bernalar atau berpikir melalui perbandingan dua konsep yang memiliki keterkaitan/hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi/keadaan yang lain.
  2. Silogisme, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan;
  3. Analitis, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melakukan analisis/analisa kuantitatif dari informasi yang diberikan

Kemampuan Numberik, yang meliputi:

  1. Berhitung , bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam Hitung Sederhana;
  2. Deret Angka, bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melihat pola hubungan angka-angka;
  3. Perbandingan Kuantitatif, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif
  4. Soal Cerita, bertujuan mengukur kemampuan para peserta CPNS untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan atau permasalahan.

Kemapuan Figural, yang meliputi:

  1. Analogi, bertujuan untuk mengukur kemampuan para peserta CPNS dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi/keadaan lain;
  2. ketidaksamaan, bertujuan mengukur kemampuan indvidu untuk melihat perbedaan beberapa gambar;
  3. serial, bertujuan mengukur kemapuan para peserta CPNS dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

MAU LULUS SKD DENGAN MUDAH? KLIK SEKARANG

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Soal Tes Karakteristiik Pribadi (TKP) merupakan soal yang mudah dan sedikit menjebak. Walaupun soal ini berisi tentang pertanyaan tentang karakteristik pribadi, dan tidak perlu menghitung, dan lain-lain. Tapi jangan salah, soal TKP adalah termasuk soal yang paling banyak menyita waktu kalian. Hal ini dikarenakan soal dan jawabannya nya yang panjang, menjebak, dan semua jawabannya itu hampir-hampir sama. Sehingga kalian bakal membutuhkan banyak waktu ketika membaca dan memikirkan jawabannya.

Pada soal TKP semua jawaban nya benar dan memiliki nilainya. Namun hanya ada satu diantara kelima jawaban tersebut yang mempunyai nilai 5. Banyak juga dari para peserta CPNS yang tidak lulus tahapan Seleksi Kemampuan Dasar dikarenakan kekurangan nilai pada bagian soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Soal Tes Karakteristek Pribadi (TKP) merupakan sebuah tes psikologi yang meneliti jenis dan karakter kepribadian para peserta cpns dalam berbagai aspek, termasuk aspek kognitif dan aspek emosi. Berikut ini adalah materi soal TKP meliputi:

  1. Pelayanan Publik;
  2. Jejaring kerja;
  3. Sosial Budaya;
  4. Teknologi Informasi;
  5. Profesionalisme.

Nilai Ambang Batas (Passing Grade) SKD CPNS 2019

Passing Grade atau nilai ambang batas CPNS Tahun ini mengalami sedikit perubahan daripada tahun sebelumnya. Perubahan tersebut terdapat pada nilai Tes wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Karakteristik Kepribadian (TKP). Nilai TWK dan TKP tahun 2018 adalah 75 dan 143, tetapi pada tahun 2019 ini turun menjadi 65 dan 126. Hal ini merupakan sebuah peluang yang sangat bagus bagi calon peserta CPNS 2019. Selain nilai passing grade yang berubah, ruang lingkup materi yang diujikan untuk tahun ini pun lebih kecil daripada tahun sebelumnya.

PASSING GRADE CPNS 2019
PASSING GRADE CPNS 2019

Tips & Trik Lulus Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kabupaten Pandeglang 2019

Apasih rahasia atau bagaimana sih caranya supaya kita dengan mudah lulus pada saat Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kabupaten Pandeglang tahun 2019. Tentunya banyak diantara kalian yang sering bertanya tentang hal ini. ada beberapa hal yang mesti kalian lakukan agar kalian sukses dalam SKD.

Kalau kita ibarat kan dengan seorang prajurit yang sedang berperang, tentunya sebelum prajurit itu berperang, dia harus menyiapkan beberapa persiapan terlebih dahulu agar dia selamat dan dapat memenangkan peperangannya seperti menganilisis terlebih dahulu medan peran, mengecek perlengkapan perperangan dan menyusun strategi pada saat akan berperang.

Begitupun dengan kalian yang ingin mengikuti Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), tentunya kalian juga harus memiliki persiapan yang cukup matang, supaya kalian mendapatkan hasil yang terbaik dan maksimal.

Tips Lulus Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019

Adapun beberapa yang mesti kalian lakukan adalah sebagai berikut;

  1. Berdoa kepada tuhan yang Maha Esa, agar kalian diberikan kelancaran dan hasil yang terbaik dalam Tes SKD. Karena seberapapun besar usaha kalian, jika Tuhan yang Maha Esa tidak berkehendak, maka kalian tidak akan mendapatkan hasil yang terbaik;
  2. Mengetahui informasi terkait kisi-kisi atau materi yang akan diujikan pada saat Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Kabupaten Pandeglang 2019. Sehingga kalian dapat fokus dalam mempelajari contoh2 soal yang menyangkut materi-materi yang akan diujikan dan tidak membuang-buang waktu dalam memperlajari hal-hal yang tidak penting atau tidak berhubungan dengan materi SKD;
  3. Ikut Bimbel, Jika kalian mengalami kesusahan dalam belajar. Kalian bisa menggunakan metode ini agar dapat menambah dan meningkatkan wawasan serta pemahaman kalian dalam mengerjakan soal SKD nantinya;
  4. Mencari dan Mempelajari Contoh Soal CPNS tahun sebelumnya.Pola soal CPNS setiap tahunnya hampir sama dan tidak jauh berbeda. Jadi dapat dipastikan dan diprediksi bagaimana bentuk soal yang akan muncul pada saat Tes SKD tahun ini;
  5. Latihan dan sering-sering mengerjakan Contoh Soal CPNS. Dengan sering latihan akan membuat kalian lebih cepat memahami dan menyelesaikan soal-soal tes SKD. Hal ini dikarenakan karena kalian sudah pernah mengerjakan soal-soal yang polanya sama seperti itu, dan kalian sudah mempunyai ingatan tentang bagaimana cara yang cepat dan tepat untuk menyelesaikannya.
  6. Tryout menggunakan aplikasi CAT atau yang serupa. Jika kalian baru pertama kali mengikuti CPNS, kami sarankan agar kalian mencoba aplikasi Tryout CPNS menggunakan CAT supaya kalian terbiasa dengan sistem aplikasinya.
  7. Selalu update informasi kalian tekait Tes Seleksi Komptensi Dasar (SKD) ditempat kalian mendaftar.
  8. Pastikan semua berkas dan persyaratan mengikuti Tes SKD telah lengkap dan sesuai dengan pemberitahuan panitia seleksinya, serta tidak ada yang ketinggalan pada hari mengikuti tesnya.

KLIK DISINI : Ikuti Tryout CPNS dan Download Ratusan Contoh Soal CPNS 2019 berserta video tutorialnya

Trik Cepat Menjawab Soal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019

Setelah menyiapkan persiapan dan perlengkapan yang matang. Tentunya kalian juga harus mempunyai startegi atau Trik cepat dalam menjawab soal SKD. Soal SKD mempunyai 100 butir pertanyaan dengan waktu pengerjaan 90 Menit yang terdiri dari 35 TWK, 30 TIU, dan 35 TKP. adapun Trik Cepat dalam menjawab soal-soal SKD adalah sebagai berikut:

  1. Berdoa sebelum memulai dan mengerjakan soalnya.
  2. Membaca cepat, pastikan kalian dapat membaca dan menganalisa soal-soal secepat mungkin, karena waktu untuk mengerjakan satu soalnya adalah 100/90 = 1,11 menit.
  3. Kerjakan soal yang paling mudah duluan, dan yang paling susah terakhir. Kenapa? karena kalian dapat menyisakan lebih banyak waktu untuk mengerjakan yang paling susah.
  4. Kerjakan soal TWK (1 sampai 35) terlebih dahulu, kemudian lanjut mengerjakan soal TKP (66 sampai 100). Terakhir baru kerjakan soal TIU (36 sampai 65).
  5. Jangan berlama-lama pada satu soal, jika kalian mendapatkan kesulitan pada saat mengerjakan soal-soal tertentu maka secepat mungkin berpindah ke soal yang lain.
  6. Fokus mengerjakan soal sendiri, jangan terlalu pedulikan dengan kondisi sekitar kalian, dan kalau misalnya ada peserta lain yang bermasalah dengan komputernya dan meminta bantuan kalian, jangan terlalu dihiraukan serta bilang aja tidak tahu.
  7. Tenang, terkadang ada kondisi-kondisi dimana server CAT nya melambat atau bahkan sampai DOWN beberapa saat. Jika hal itu terjadi yang pertama yang harus kalian lakukan adalah coba refresh browser kalian dengan cara tekan F5. Kalau masalahnya tidak bisa teratasi juga, segera panggil panitia pelaksana ujiannya.

Jangan lupa mencatat dan memfoto hasil Ujian Seleksi Komptensi Dasar(SKD) kalian yang ada dilayar monitor ruang tunggu ujian. Supaya kalian mempunyai pegangan jikalau sewaktu-waktu ternyata nilai kalian berubah ketika pengumuman hasilnya.

MAU LULUS SKD DENGAN MUDAH? KLIK SEKARANG

Nah, itu tadi adalah beberapa informasi mengenai Hasil Seleksi Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Pandeglang 2019. Semoga informasi diatas dapat membantu kalian dalam mengikuti Seleksi Penerimaan CPNS di lingkungan Pemerintah Daerah Pandeglang. Jika kalian merasa informasi sangat membantu kalian, silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kalian lainnya, supaya mereka juga mendapatkan informasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *