Cara Mencegah Penularan Virus Corona (COVID-19)

Diposting pada

informasiin – Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi mengenai cara mencegah penularan Virus Corana (COVID-19), apa itu Virus Corona, cara penularan Virus Corona, langkah-langkah yang harus dilakukan jika positif terkena Virus Corona dan infomasi lainnya.

Jadi simak terus penjelasan pada artikel ini sampai selesai supaya kamu mempunyai informasi tentang Corona dan dapat mengantisipasi supaya tidak terinfeksi virus ini.

Apa itu Virus Corona (COVID-19)?

Virus Corona atau yang biasa dikenal COVID-19 merupakan yang menyerang sistem pernapasan. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Provinsi Hubei Negara China pada tanggal 17 November 2019. Pasien pertama yang terkena virus ini adalah seorang penduduk Hubei yang berusia 55 tahun.

Setelah penduduk itu terinfeksi virus corona, sebanyak satu hingga lima kasus virus corona terus dilaporkan hampir setiap harinya.

Fakta Tentang Virus Corona

Berikut ini adalah beberapa Fakta yang wajib kalian ketahui tentang virus corona atau COVID-19.

  1. Virus Corona menyebar ke seluruh Dunia
  2. Diduga berasal dari Kelelawar
  3. Kerabat Dekat Virus SARS dan MERS
  4. Belum ada Vaksin
  5. Memiliki Diameter 40 -140 nm
  6. Merupakan penyakit epidermi
  7. Massa Inkubasi 3-7 hari
  8. Hidup disaluran pernapasan sekitar 92 jam
  9. Mati disuhu 56 derajat Celcius dalam waktu 30 Menit

Cara Penularan Virus Corona (COVID-19)

Tahukah kalian kalau virus corona itu dapat menular dengan berbagai cara dan penularannya itu begitu cepat. Jadi pastikan kalian mengetahui beberapa cara mencegah penularan virus corona supaya kalian dapat mencegah dari terinfeksinya virus ini. Berikut ini adalah beberapa cara penularan virus corona yang telah kami rangkum dari berbagai media informas.

  1. Melalui tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin orang yang positif Virus Corona
  2. Dengan kontak fisik seperti menyetuh dan berjabat tangan dengan pederita COVID-19
  3. Menyentuh benda-benda yang sudah terkontaminasi dengan virus corona diatasnya kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata sebelum mencuci tangannya

walaupun virus corona dapat bertahan beberapa waktu, namun sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa virus ini dapat menular melalui udara.

Cara Mencegah Penularan Virus Corona (COVID-19)

Virus corona termasuk virus yang sangat mematikan dan penyebarannya pun sangat cepat.Hampir semua negara mempunyai kasus terjangkitnya virus ini. Walaupun virus ini dapat menular beberapa cara seperti yang sudah kami jelaskan. Tetapi kalian tidak perlu terlalu khawati dan cemas, karena ada beberapa yang dapat kalian lakukan supaya kalian dapat terhindar dari penularan virus corona.

Berikut ini adalah 8 Cara mencegah penularan virus corona yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpecaya.

1.Menjaga kesehatan Imun Tubuh

Jika sistem imun seseorang lemah, maka akan sangat mudah terserang oleh penyakit dan virus yang satu ini. Maka oleh karena itu pastikan kesehatan kalian itu dalam kondisi yang baik. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk menjaga kesehatan imun tubuh kalian

  • Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan
  • Minum Vitamin
  • Rajin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya seperti berjalan kaki, dll
  • Tidak merokok dan minum alkohol
  • Istirahat/Tidur yang cukup
  • Minum air mineral minimal 1,5 liter per hari
  • kelola stres, karena stres yang berlebihan dapat menurunkan imum tubuh
  • dll..

2.Menjaga Kebersihan Tangan

Tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering kita gunakan dan bersentuhan dengan benda yang lain. Oleh karena itu pastikan kalian selalu menjaga kebersihan tangan kalian sebelum melakukan sesuatu dengan cara mencuci tangan yang benar.

98 % penyebaran penyakit datangnya dari tangan. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir adalah salah satu cara yang efektif untuk membunuh kuman,bakteri atau virus corona yang ada pada tangan. Dengan menjaga kebersihan tangan, kalian memiliki sedikit resiko untuk terkena penyakit dan tertular virus corona.

3.Hindari Berjabat Tangan dan Berpelukan

Salah satu penyebab terjadi nya penularan virus corona yang paling cepat adalah ketika kalian bersentuhan, berpelukan atau berjabat tangan dengan orang yang sudah terinfeksi virus ini. oleh karena itu sebisa mungkin hindari hal ini dalam waktu dekat ini, karena kita tidak tahu siapa yang sudah terinfeksi virus ini dan siapa yg belum.

4.Hindari menyentuh bagian wajah

Area wajah adalah area yang sangat mudah terinfeksi virus corona, bisa dikatakan bahwa area ini adalah pintu masuknya virus corona kedalam tubuh kalian. Jadi pastikan kalian mencuci tangan terlebih dahulu jika kalian sering berinterkasi dengan orang/benda sebelum menyetuh bagian wajah kalian.

Virus corona masuk kedalam tubuh melalui mulut, hidung dan mata. Jadi usahakan jangan sering-sering menyetuh bagian tersebut jika kalian merasa tangan kalian tidak bersih. Kalian bisa membawa dan menggunakan sanitizer untuk membersihkan tangan kalian ketika sudah selesai beraktifitas untuk menjaga agar tangan kalian selalu bersih.

5.Jaga Jarak (Social Distance)

Cara lain yang dapat kalian lakukan untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan melakukan yang namanya Social Distance (Jaga Jarak). Cara ini merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk mencegah penularan virus corona ketika kalian sedang berada diluar rumah atau berkerja dikantor. Pastikan jarak duduk kalian dengan orang lain itu minimal 1 meter.

6.Terapkan Etika Bersin & Batuk

Jangan bersin & Batuk sembarangan, apalagi ketika kalian berada didalam keramaian ataupun ditempat umum. Karena hal ini akan membahayakan bagi kesehatan orang sekeliling kalian

7.Gunakan Masker ketika Sakit

Jika kalian sudah dinyatakan positif corona ataupun kalian masih dalam gejala-gejala terinfeksi virus corona. Pastikan kalian untuk menerapkan etika ketika bersin dan batuk, supaya orang-orang disekeliling kalian tidak terinfeksi virus kalian.

Gunakan masker atau tutup mulut kalian dengan menggunakan tangan atau lengan ketika hendak bersin. Supaya tetesan bersin kalian tidak menyebar ke orang lain.

8.Dirumah AJa

Jika kalian tidak ada keperluan yang terlalu mendesak untuk keluar rumah, lebih baik kalian tetap berada dirumah saja. Hal ini juga dapat membantu kalian dalam mencegah penyebaran virus corona. Semakin sedikit orang yang beraktifitas diluar rumah atau ditempat umum maka semakin lambat pula terjadinya penyebaran virus corona.

Nah itu adalah beberapa cara mencegah penularan virus corona yang telah kami rangkum dari beberapa sumber yang terpercaya.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Positif Corona (COVID-19)?

Orang yang terinfeksi dan positif virus corona biasanya dibagi menjadi 3 kondisi yaitu:

  1. Positif Corona, tetapi kalian dalam kondisi tubuh yang sehat dan tidak mengalami gejala apapun.
  2. Positif Corona, tetapi kalian hanya mengalami gejala penyakit ringan seperti batuk, deman, merasa lemas tetapi tidak sampai sesak nafas dan masih bisa beraktifitas seperti biasanya.
  3. Positif Corona dan Kalian sudah mengalami gejalan penyakit yang berat sepeti deman tinggi, batuk, lemas, sesak nafas dan tidak dapat melakukan aktifitas.

Jika kalian sudah mengalami kondisi yang diatas, maka kami sarankan supaya kalian melakukan langkah-langkah berikut ini.

Positif Corona tetapi tidak mengalami gejala apapun

Jika kalian mungkin positif virus corona tetapi kalian tidak mengalami gejala apapun, berarti kalian memiliki kondisi tubuh yang kuat dan sehat serta tubuh kalian sanggup melawan virus ini.

Jadi kalian tidak perlu panik dan khawatir, yang harus kalian lakukan adalah cukup isolasi diri dirumah. Kalian tidak perlu terburu-buru pergi ke rumah sakit untuk memeriksa kondisi kalian, karena hal itu bisa saja menyebabkan penyebaran virus kepada orang lain apalagi jika kalian pergi dengan menggunakan fasilitas umum.

Langkah-langkah yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut ini:

  • Tinggal dirumah, jangan pergi ke tempat keramaian ataupun bekerja
  • selalu memakai masker selama proses isolasi dirumah, supaya virus tidak menyebar ke anggota keluarga yang lain
  • gunakan kamar yang khusus dan terpisah dari anggota keluarga yang lain.
  • Jaga jarak dengan anggota yang lain minimal 1 meter
  • Hindari pemakain barang pribadi bersama, dan pastikan kalian memiliki peralatan makan seperti sendok, piring, gelas,dll yang digunakan khusus untuk kalian saja
  • Jika memang kalian terpaksa harus berbagi peralatan pribadi maupun ruangan dengan anggota keluarga yang lain, maka pastikan peralatan dan ruangan tersebut sudah dibersihkan dengan disinfektan terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Jagalah kebersihan ruangan dan peralatan dirumah dengan cara disemprotkan cairan disinfektan.
  • Cucilah tangan kalian dengan menggunakan air dan sabun atau dengan menggunakan hand sanitizer sesering mungkin
  • Hindari menyentuh bagian wajah seperti mata,hidung dan mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu
  • Jangan bersin dan batuk sembarangan, gunakan tisu dan lengan bagian kalian ketika bersin atau batuk, supaya virusnya tidak menyebar melalui tetesan bersin atau batuk kalian
  • Selalu cek suhu kalian setiap hari dan observasi keadaan kalian bila ada gejala yang muncul seperti batuk, deman dan sesak nafas

Sebenarnya, penderita virus corona dapat memulihkan dirinya sendiri jika mereka memiliki daya tahan tubuh serta kesehatan yang baik. oleh karena perbanyaklah minum air putih dan mengkonsumsi makananyang bergizi serta istirahat yang cukup supaya tubuh kalian kuat untuk melawan virus ini.

Terus berapa hari sih kalian harus isolasi diri didalam rumah? menurut World Health Organization, lamanya waktu isolasi diri di dalam rumah adalah selama 14 hari.

Terus apa yang harus kalian lakukan setelah diri di dalam rumah selama 14 hari ? yang harus kalian adalah tetaplah melakukan sosial distancing dan rajin mencuci tangan kalian menggunakan air dan sabun ataupun sanitizer.

Positif Corona tetapi hanya mengalami gejala penyakit ringan

Jika kalian positif corona dan hanya mengalami gejala penyakit ringan seperti lemas, batuk dan deman serta kalian masih sanggup melakukan kegiatan seperti biasanya. Maka langkah-langkah yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut:

  • Jangan panik ataupun khawatir dan tetaplah tenangkan diri kalian. Karena jika kalian stres maka hal itu malah akan memperburuk kondisi kalian dan menurunkan imun tubuh kalian.
  • Selajutnya yang harus kalian lakukan adalah mengisolasi diri kalian didalam rumah selama 14 hari seperti cara diatas
  • Kemudian, kalian juga tidak perlu terburu-buru untuk periksa ke dokter ataupun ke rumah sakit. Karena hal itu malah akan menyebarkan virus kalian kepada orang lain ketika kalian pergi kesana. Jika kalian deman maka minumlah obat penurun deman seperti Paracetamol.
  • Lakukanlah konsultasi secara online dengan dokter melalui beberapa aplikasi yang tersedia atau dengan dokter yang ada dirumah sakit guna untuk mendapatkan arahan yang jelas.
  • perbanyaklah minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup supaya tubuh kalian kuat untuk melawan virus ini.

Selama proses isolasi diri dirumah, pastikan kalian selalu memantau kondisi kalian. Jika kondisi kalian cenderung semakin membaik maka kalian dapat mengakhiri masa isolasi diri kalian dengan syarat sebagai berikut:

  • Tidak mengalami deman dan tidak minum obat penurun deman selama 3 hari berturut-turut.
  • Tidak lagi mengalami deman,lemas atau bahkan sesak nafas.
  • sudah lewat dari 7 hari sejak gejala pertama muncul dan kondisi kalian semakin membaik.

Namun Jika kondisi kalian semakin memburuk dan kalian mengalami deman yang tinggi dan sesak nafas, maka segeralah untuk pergi kerumah sakit guna untuk mendapatkan pertologan medis dan perawatan yang lebih baik.

Positif Corona dan mengalami gejala penyakit berat

Jika kalian sudah menagalami gejala penyakit yang berat seperti deman tinggi (suhu tubuh diatas 38 derajat), sesak nafas, serta memiliki beberapa riwayat penyakit seperti penyakit jantung, asma, kanker, diabetes, dll. Maka lakukanlah langkah-langkah berikut ini:

  • Hubungi pihak rumah sakit atau kontak darurat (199) untuk mendapatkan pertolongan medis dan perawatan yang lebih baik
  • Periksalah diri kalian ke rumah sakit rujukan COVID-19
  • Selalu gunakan masker kemanapun kalian pergi
  • Jangan bersin dan batuk sembarangan, gunakan tisu dan lengan bagian kalian ketika bersin atau batuk, supaya virusnya tidak menyebar melalui tetesan bersin atau batuk kalian.
  • Selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi , perbanyak minum air putih serta istirahat yang cukup agar tubuh kalian kuat untuk melawan virus ini.

Pasien dalam kondisi inilah yang harus di prioritaskan guna untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik dan maksimal dan bukan berarti pasien dalam kondisi lain tidak penting, hanya saja terkadang fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit kita masih belum bisa untuk menampung semuanya.

Nah, itu adalah beberapa informasi seputar virus corona (COVID-19) seperti bagaimana cara mencegah penularan virus corona, apa yang harus kita lakukan jika sudah positif corona dan lainnya. Silahkan bagikan artikel ini kepada yang lain supaya mereka juga paham tentang virus ini.

Jika kalian ingin mendapatkan informasi lebih lanjut seputar kesehatan, kalian bisa mengunjungi sehatq.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *