19 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Diposting pada

informasiin-Jerawat adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi buat kalian 19 cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Jadi simak terus penjelasan ini sampai selesai supaya kalian tidak ketinggalan informasinya.

Namun sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Pertama kita harus terlebih dahulu mengetahui dan mengenali masalah jerawat ini mulai dari apa itu jerawat, hal-hal yang menyebabkan tumbuh jerawat, sampai nanti ke penjelasan cara menghilangkan jerawat itu sendiri.

Apa itu Jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadiketika tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh seperti, wajah, leher, dada dan punggung.

Walaupun masalah jerawat ini dapat dialami oleh siapa saja, namun sebagian besar kasus jerawat terjadi pada masa puber ketika usia 10-13 tahun. Selalin itu jerawat Juga bisa muncul pada anak-anak.

Jerawat pada remaja biasanya akan hilang pada usia 20 tahun. Tetapi sebagian kasus ada juga yang mengalami masalah jerawat sampai dengan usia 30 tahun. Biasanya hal ini lebih sering dialami oleh para wanita.

Penyebab Jerawat

ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat pada seseorang, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dikarenakan produksi sebum yang berlebih. Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencengah kulit kering.
  • Terjadi sumbatan pada folikel rambut oleh campuran sel kulit mati dan sebum.
  • Faktor Keturunan atau Genetik
  • Dikarenakan bakteri jenis Propionibacterium acnes yang berkembang, sehingga menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan
  • Saat aktivitas hormon Androgen berlebih atau bisa juga saat terjadi perubahan hormon saat mentruasi
  • Penggunaan kosmestik yang tidak sesuai atau cocok dengan kulit
  • Stres yang dapat mempengaruhi pola hidup seseorang seperti pola makan, pola tidur sehingga menyebabkan jerawat.

Gimana sampai sini, kalian udah tahu belum sekilas tentang jerawat itu sendiri? terus kalian pasti bertanya-tanya bagaimana sih cara untuk menghilangkan jerawat. Tenang, karena disini kami juga telah menyediakan 15+ Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat.

Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami dan Cepat

Saat ini sudah banyak cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat secara alami, mulai dari madu, bawang putih hingga kulit buaya yang dapat kita manfaat untuk membuat kulit kembali sehat dan terhindar dari masalah jerawat. Selain itu menjalani pola hidup yang sehat juga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan untuk menghilangkan Jerawat secara alami dan cepat. Namun mesti kalian ingat bahwa belum banyak penilitian yang mengkonfirmasi manfaat-manfaat dibawah ini.

1. Putih Telur

Salah satu bahan yang paling mudah yang dapat kalian gunakan untuk mengatasi masalah jerawat salah satunya adalah putih telur. Putih telur mengandung protein dan vitamin yang dapat membantu mengencangkan dan mengeluarkan minyak dari kulit.

Cara penggunaannya sangat mudah sekali. kalian cukup menyiapkan satu butir telur kemudian pisahkan kuning telur dan putihnya. Setelah itu oleskan putih telur ke wajah. Lalu diamkan selama 10 menit atau sampai kering. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

2. Es Batu

Bahan yang selanjutnya yang mudah didapatkan adalah es batu. Walaupun es batu tidak dapat menyembuhkan jerawat secara tuntas. Namun es batu dapat digunakan untuk membantu meredakan jerawat yang meradang.

Cara penggunaanya yaitu, pertama-tama kalian ambil beberapa es batu, lalu balut dengan kain. Setelah itu kalian kompres pada bagian jerawat yang sedang tumbuh.

Es batu memiliki manfaat untuk mengencangkan pembuluh darah, sehingga kemerahan pada kulit khusus nya pada jerawat dapat mereda.

3. Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan untuk membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh kita dalam melawan bakteri.

untuk cara penggunaan bawang putih dalam mengatasi masalah jerawat kalian cukup dengan menambahkanlebih banyak bawang putih dalam asupan sehari-hari kalian untuk mendapatkan manfaatnya.

Dan sebaiknya, kalian jangan mengoles atau menaruh langsung bawang putih pada bagian jerawat atau kulit, karena hal itu akan menyebabkan iritasi.

4. Lidah Buaya

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan peradangan kulit yang muncul pada jerawat. Lidah buaya mengandung asam salisilat dan sulfur. Kedua bahan ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat.

cara penggunaanya yaitu sebagai berikut:

  1. Kerok gel lidah buaya dengan menggunakan sendok
  2. Lalu oleskan pada bagian wajah sebagai pelembab
  3. Lakukan 1-2 kali sehari
  4. Jika kalian mengalami iritasi, rasa gatal ataupun kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan. Karena setiap orang memiliki efek yang berbeda-beda tergantung sensisfitas dari kulitnya.

5. Madu

Madu adalah bahan yang memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat, salah satunya yaitu untuk mengatasi masalah jerawat. Madu mengandung antioksidan yang dapat membantu membersihkan kotoran diwajah dan mencengah penyumbatan pada pori-pori.

Selain itu madu juga bersifat antibakteri serta memiliki khasiat untuk membantu penyembuhan luka. Untuk penggunaan nya sendiri kalian cukup mengoleskan madu pada bagian kulit atau jerawat. Diamkan beberapa saat, kemudian setelah itu bilas dengan air.

6. Perasan Jeruk lemon

Air jeruk lemon juga sangat baik digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Karena air jeruk lemon mengandung asam sitrat. Untuk cara penggunaanya sendiri sangatlah mudah.

  1. Ambil beberapa lemon kemudian peras airnya
  2. Setelah itu ambil kapas steril lalu celupkan kedalam air perasan jeruk lemon.
  3. Kemudian usapkan kapas tersebut pada bagian kulit yang ada jerawatnya. setelah itu diamkan semalaman.
  4. Lakukan hal ini rutin sebelum tidur untuk mendapatkan manfaatnya

Namun jika kalian merasakan iritasi pada kulit, maka hentikanlah penggunaannya dan berkonsultasilah dengan dokter.

7. Mentimun

Buah mentimun adalah salah satu bahan yang sudah lama dikenal dan sering digunakan untuk merawat kulit tubuh karena memiliki kandungan vitamin A, B dan C cukup banyak.

Selain itu, buah mentimun juga mengandung asam amino dan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh.

Cara yang paling baik untuk menggunakan buah mentimun sebagai obat alami jerawat yaitu dengan menjadikannya sebagai masker wajah dan digunakan secara rutin.

8. Tomat

Kandungan vitamin A dan C yang terkandung pada buah tomat telah lama teruji manfaatnya sebagai salah satu bahan alami untuk mengobati masalah jerawat sekaligu sebagai vitamin bagi wajah.

untuk cara penggunaanya juga tidak berbeda dengan bahan-bahan sebelumnya yaitu dengan menjadikan masker wajah. Kalian bisa membuat masker wajah dengan cara memblender buah tomatnya ataupun dengan tomat yang di iris-iris lalu ditaruh di wajah.

9. Alpukat

Alpukat mengandung vitamin E yang tinggi sehingga sangat bagus untuk bahan perawatan kulit. Kalian bisa menggunakan buah alpukat untuk mengobati masalah jerawat dengan cara menjadikan buah alpukat sebagai masker wajah.

cara penggunaannya yaitu dengan mengahaluskan daging buah alpukat kemudian oleskan ke wajah sebagai masker, lalu diamkan selama 20 menit. setelah bilas dengan menggunakan air hangat.

10. Pepaya

Buah pepaya memiliki kandungan enzim papain yang berfungsi untuk menghilangkan sel kulit mati, mengobati masalah jerawat, sekaligus mencerahkan wajah.

Kalian bisa menjadikan buah pepaya sebagai obat alami untuk mengobati jerawat dengan cara menghaluskan daging buah pepaya kemudian dijadikan sebagai masker wajah.

Apabila ingin hasil yang lebih baik, kalian bisa mencampurkan satu madu atau air lemon dengan buah pepaya yang akan dipakai sebagai masker.

11. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan asam organik yang dipercaya dapat mengurangi minyak berlebih dan membunuh bakteri. untuk cara penggunaanya adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air
  2. Bersihkan terlebih dahulu wajah sebelum kalian mengoleskan campuran cuka apel ke kulit.
  3. Diamkan selama 5-20 detik, setelah itu wajah dengan air lalu keringkan
  4. Lakukan hal ini 1-2 hari secara rutin.

Jika kalian mengalami iritasi kulit, maka hentikanlah pemakaiannya.

12. Teh Hijau

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan polifenol dalam jumlah banyak. Sehingga, jika kalian mengonsumsi teh hijau atau menggunakannya sebagai produk kencantikan, maka dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

13. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dipercaya menjadi cara yang paling efektif untuk menghilangkan jerawat secara alami. Minyak kelapa memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi kemerahan serta pembakakan pada jerawat.

Kalian bisa menggunakan virgin coconut oil untuk dioleskan kepada kulit yang berjerawat.

14. Tea Trea Oil

Tea trea oil sudah banyak digunakan sebagai bahan campuran dalam berbagai produk kecantikan penghilang jerawat. Tea trea oil memiliki sifat antibakteri dan antiperadangan, sehingga dianggap efektif untuk mengempiskan jerawat.

15. Kayu Manis

Kayu manis memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan dan bahan anti bakteri serta dapat meredakan jerawat yang meradang. untuk cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. campurkan 1 sendok makan kayu manis bubuk dengan 2 sendok makan madu, lalu aduk hingga membentuk konsistensi seperti pasta.
  2. Kemudian bersihkan wajah kalian, lalu oleskan pasta tersebut dan diamkan selama 10-15 menit.
  3. lalu bersihkan muka kalian dan keringkan.

16. Kulit Jeruk

Selain untuk meredakan jerawat, kulit jeruk ternyata juga dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang sangat bagus untuk regenerasi sel kulit.

Untuk cara penggunaanya adalah sebagai berikut:

  1. Parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air hingga membentuk pasta
  2. Kemudian oleskan pada kulit dan diamkan selama 10 Menit
  3. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

17. Olahraga Teratur

Olahraga yang teratur dapat memperbaiki sirkulasi darah. Dengan meningkatnya aliran darah, dapat membantu sel kulit tetap sehat, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkannya.

18. Redakan Stres

Stres adalah salah satu yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Karena hormon yang dikeluarkan tubuh ketika stres, dapat memicu produksi sebum (minyak) berlebih dan menyebabkan kulit meradang, sehingga membuat jerawat lebih parah.

Selain itu stres juga dapat memperlambat penyembuhan luka hingga 40% dan penyembuhan bekas jerawat.

Oleh karena itu cepat redakan stres kalian sesegera mungkin untuk mencegah hal diatas tadi.

Pebanyak Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup sangat bagus untuk kalian yang sedang mengalami masalah jerawat. Karena, dengan cairan yang cukup akan membantu proses penyembuhan kulit menjadi lebih cepat dan mengrangi resiko muncul jerawat yang baru.

Jika kulit kering karena kekurangan cairan, maka akan sangat mudah sekali iritasi dan jerawat pun akan lebih mudah muncul.

nah, itu diatas adalah beberapa cara alternatif untuk mengobati masalah jerawat. Berbagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat diatas perlu dilakukan dengan berhati-hati. Dan sebaiknya kalian mengetes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan alami diatas. Karena setiap orang memiliki efek yang berbeda-beda.

Dan kami juga menyarankan agar kalian berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah jerawat kalian, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Kalian bisa mengunjungi website https://www.alodokter.com/ untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik seputar kesehatan.

jika kalian suka dengan artikel ini, silahkan bagikan kepada teman-teman yang lain. Terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *